Apel Dan Tomat Bisa Perbaiki Paru-paru Mantan Perokok Lho!



Namun, efek reparatif ini hanya akan didapatkan jika Anda mengonsumsi varietas yang segar, yang berarti tomat atau apel olahan tidak bekerja. Studi dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, menilai diet dan fungsi paru lebih dari 650 orang dewasa pada 2002, dan kemudian mengulangi tes yang sama pada kelompok peserta yang sama 10 tahun kemudian.

Peserta, yang berasal dari Jerman, Norwegia dan Inggris Raya, juga menyelesaikan kuesioner tentang diet dan asupan gizi secara keseluruhan, serta menjalani spirometri - sebuah prosedur yang mengukur kapasitas paru untuk mengambil oksigen. Faktor-faktor seperti usia, tinggi badan, jenis kelamin, indeks massa tubuh, status sosial ekonomi, aktivitas fisik, dan asupan energi total juga dipertimbangkan.

Menariknya, temuan yang muncul dalam European Respiratory Journal edisi Desember menemukan bahwa hubungan antara fungsi diet tomat dan apel dengan paru, bahkan lebih jelas di antara mantan perokok. Di sini, terungkap bahwa mantan perokok yang mengonsumsi makanan tinggi tomat dan buah-buahan, terutama apel, mengalami penurunan yang lebih lambat selama periode 10 tahun. Ini menunjukkan bahwa nutrisi yang ditemukan dalam makanan ini membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh merokok.

"Fungsi paru mulai menurun sekitar usia 30 pada kecepatan bervariasi tergantung pada kesehatan umum dan spesifik individu," kata Dr Vanessa Garcia-Larsen, penulis utama. Studi ini menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak buah secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan paru seiring bertambahnya usia, bahkan, lanjut dia, dapat pula membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh merokok.

"Diet bisa menjadi salah satu cara untuk memberantas diagnosis COPD di seluruh dunia," ujar dia.

COPD merupakan penyakit yang meliputi emfisema dan bronkitis akut, hasilnya menawarkan cara potensial bagi perokok untuk menghindari pengembangan gangguan paru obstruktif kronik yang tidak dapat disembuhkan.
Apel Dan Tomat Bisa Perbaiki Paru-paru Mantan Perokok Lho! Apel Dan Tomat Bisa Perbaiki Paru-paru Mantan Perokok Lho! Reviewed by Nora Wendy on January 06, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.